Selasa, 09 Oktober 2018

5 Hal Penting Agar Lebih Handal Menulis Artikel

5 Hal Penting Agar Lebih Handal Menulis Artikel

Setiap orang pada dasarnya sanggup menulis, tetapi banyak berasal dari mereka yang tidak sadar akan perihal tersebut. Mereka beranggap bahwa menulis merupakan perihal yang sulit, buat pusing, banyak mikir dan sebagainya padahal asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar. Semisal kontraktorrambu saja kamu mengobrol bersama temanmu, artinya kamu menyeritakan atau memberikan suatu hal bukan? Nah di dalam menulis pun kamu melaksanakan yang sama, yaitu memberikan cerita, gagasanmu kepada
pembaca.


Tapi bagaimana supaya tulisanmu baik untuk dibaca? Karena tulisan yang bagus bukan berdasarkan panjangnya tulisan tersebut, tetapi berasal dari konten dan isikan dari tulisanmu. Jadi, bagaimana langkah supaya kamu tambah jago di dalam menulis? Yuk simak tips dibawah ini

1. Minimalkan jarak antara pembaca bersama cerita
Banyak yang tidak paham bahwa paragraf awal di dalam sebuah artikel mempengaruhi sikap pembaca untuk membaca suatu tulisan. Apabila paragraf pembuka benar-benar panjang, maka akan memicu pembaca pusing dan kelelahan untuk membaca tulisanmu. Jadi, untuk menulis artikel yang baik, tulislah paragraf yang singkat, dan tidak benar-benar bertele-tele. Satu atau dua kalimat pembuka yang bagus akan membuat pembaca betah untuk membaca tulisanmu.

2. Persingkat sebuah paragraf
Mempersingkat seluruh tulisanmu. Di era digital saat ini ini, apakah gaji seorang penulis artikel bisa setara gaji PNS ? orang-orang lebih banyak membaca artikel melalui smartphone. Jadi terkecuali artikel yang kamu buat benar-benar panjang, orang akan menjadi malas membaca tulisanmu. Memang untuk memicu paragraf yang singkat tidaklah mudah, tetapi hal ini akan memicu kamu naik level di dalam menulis. 

Tulisanmu semakin bagus andaikan kamu sanggup mempersingkat paragraf bersama menyampaikan inti berasal dari tulisanmu tersebut. Tetapi harus diperhatikan jangan terlalu pendek, dikarenakan sanggup memicu pembaca tidak paham isikan dari tulisanmu. Solusinya? Keep practicing.

3. Buatlah artikel yang singkat, tetapi selamanya berisi
Sekali lagi saya ingatkan untuk selamanya menyingkat kalimat. Kenapa? Karena sebuah artikel yang baik cuma butuh kalimat efektif. Bukan kalimat yang berputar-putar dan berkembang tidak paham juntrungannya. Jelas, tajam dan singkat merupakan elemen yang penting di dalam menulis artikel.

4. Berikan isi
Kebanyakaan artikel waktu ini cuma berisi kalimat kosong yang tidak berarti. Banyak sekali kami mendapatkan judul-judul artikel yang bombastis tetapi isikan artikelnya kosong tidak bermakna. Artikel seperti ini biasanya hanya mengejar kata kunci di dalam mesin pencarian, dan lupa esensi dalam menulis artikel.

Jangan menulis artikel cuma semata-mata mengejar target atau dikarenakan konten saja. Tulislah artikel yang berisi arti dan beri tambahan pemahaman kepada pembaca. Bila menulis, bayangkan di dalam benakmu apabila pembaca mu bertanya “kenapa” atau “mengapa” mengenai artikel yang dibuat. 

Hal ini sanggup mendorongmu untuk menulis bersama menjawab pertanyaan tersebut. Penulis artikel yang baik adalah penulis yang sanggup menyampaikan informasi, menjelaskan sebuah arti atau arti dan memicu pembaca memahami suatu hal di dalam artikel yang dibuat.

5. Tell a story
Ceritakan sebuah cerita kepada pembacamu. Setiap orang tentu pernah mendapatkan cerita. Ada yang menurut mereka cerita yang bagus maupun yang buruk. Hal tersebutlah yang harus ditunaikan penulis, yaitu pandai bercerita atau menyampaikan. Cara yang bagus untuk menarik pembaca artikel mu adalah bersama sebuah kejadian, latar tempat atau sebuah alur.

Cerita adalah langkah yang bagus di dalam terhubung sebuah artikel. Cerita juga mampu memberikan sebuah inti gagasan. Tidak harus terlalu berlebih dalam menyampaikan cerita, cuma harus ditulis bersama se-efektif mungkin. Intinya adalah, ceritakan secara singkat, sederhana dan paham bersama begitu artikelmu akan sendirinya mengalir bersama baik. Perlu diingat jangan menulis suatu hal yang miskin cerita. Karena pembaca akan lebih tertarik dengan tulisan yang kaya akan cerita.

Nah itulah sebagian tips untuk kalian yang menginginkan jago di dalam menulis artikel. Tulisan yang baik tidak berkunjung bersama begitu saja. Perlu adanya latihan dan ditunaikan berkali-kali supaya penulis mendapatkan gaya dan karakternya sendiri di dalam menulis artikel. Selamat menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar